Probiotik Dalam Budidaya Perairan

satu sentra produksi perikanan budidaya perairan di Jawa Tengah mempunyai potensi lahan yg c Probiotik Dalam Budidaya Perairan
Budidaya Perairan
Probiotik Dalam Budidaya Perairan

Kabupaten Pati menjadi salah  satu sentra produksi perikanan budidaya perairan di Jawa Tengah mempunyai potensi lahan yg cukup besar  menggunakan luas tambak seluas + 10.604 Ha luas kolam air tawar dan luas pembenihan ikan. Serangan penyakit merupakan pertarungan primer yang terjadi pada budidaya perairan,terutama budidaya udang windu, yang hingga kini belum sanggup teratasi. 

Kondisi ini dampak menurunnya syarat lingkungan yg diakibatkan penggunaan materi kimia yg berlebihan dan pemakaian obat-obatan yg tidak terkontrol pada ketika terjadinya masa jaya budidaya udang windu pada tahun 1990 an hingga athun gres 2000an. Pada akhirnya menimbulkan banyaknya penyakit yang menyerang udang, yang menimbulkan matinya udang. Banyak cara yang telah direkomendasikan sang para jago untuk memperbaiki kondisi tersebut. Salah satu caranya merupakan pemakaian probiotik buat budidaya perairan. Kenyataan dilapangan telah poly pembudidaya ikan atau udang & para pembenih ikan yang telah memakai probiotik. Tulisan ini akan membahas secara singkat ihwal probiotik pada budidaya perairan.

Menurut jago pangan dan pertanian yang tergabung dalam Organisasi Kesehatan Dunia ( FAO/WHO), Menyatakan bahwa  probiotics merupakan Mikroorganisme yg hidup,  saat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, membuat  manfaat kesehatan bagi yg mengkonsumsinya ( FAO/WHO, 2001). Probiotik mulai diaplikasikan pada acara budidaya semenjak Fuller (1989) mendefinisikan probiotik menjadi Pakan pemanis berupa mikroorganisme hayati yang berpangaruh positif terhadap inangnya dengan memperbaiki ekuilibrium komunitas mikroorganisme pada dalam ususnya.  Menurut Moriarty ( 2006) Pengertian probiotik buat budidaya perairan tidak hanya mikroorganisme yg diberikan pada inangnya namun juga mikroorganisme tadi bisa diberikan ke kolam pembenihan atau kolam secara eksklusif yang tujuannya buat merubah jumlah komposisi mikroorganisme menguntungkan lebih poly macamnya daripada mikroorganisme yg merugikan.
Menurut (Gomez-Gil et al., 2000 dalam Balcazar et al 2006)  prosedur tindakan probiotik melawan basil yang tidak menguntungkan meliputi  ( i) melaksanakan kompetisi dengan basil pathogenic ( Garriques & Arevalo, 1995; Moriarty, 1997; Gomez-Gil et Al., 2000; Balca´Zar, 2003;Balca´zar et al., 2004; Vine et al., 2004a); (ii) sumber yg menyumbang nutrisi dan enzim buat pencernaan(Sakata, 1990; Prieur et al., 1990; Garriques dan Arevalo, 1995); (iii)  Penghancuran materi organik secara cepat oleh basil (Garriques andArevalo, 1995; Moriarty, 1997); & yang lainnya masih diselidiki contohnya ;(iv) menaikkan kekebalan badan melawan aksi mikroorganisme pathogen (Andlid et al., 1995; Scholz et al., 1999; Rengpipat et al., 2000; Gullian and Rodrı´guez, 2002; Irianto and Austin, 2002; Balca´zar, 2003; Balca´zar et al., 2004); (v) mempunyai imbas antivirus (Kamei et al., 1988; Girones et al.,1989; Direkbusarakom et al., 1998).
Proses seleksi  probiotik yg digunakan buat budidaya perairan berdasarkan (Gomez-Gil et al., 2000 dalam Balcazar et al 2006)  meliputi: ( i) gosip latar belakang mikroorganismenya ; ( ii) pengadaan potensi  probiotics ; ( iii) penilaian kemampuan potensi probiotics ke strain pathogenic;  ( iv) penilaian potensi pathogenitas memakai  probiotics; ( v) penilaian imbas potensi  probiotics pada dalam inang; ( vi) analisa biaya /keuntungan.
Menurut (Arifin, zaenal dkk) Probiotik sanggup dibedakan menjadi :
1. Probiotik pengurai pupuk organik didalam  tambak
Dimana mikroorganismenya ialah basil jenis (Baccillus atau Nitrobacter atau Nitrosomonas)
2. Probiotik pengurai limbah organik pada dalam tambak
Dimana mikroorganismenya merupakan basil jenis Bakteri fotosintetik basil Chtinioclastic, Lipolitic, Cellullolityc, proteolitic bacteria.

3. Probiotik yang membantu pencernaan pakan protesis di dalam badan udang
Dimana mikroorganismenya ialah basil jenis Lactobaccillus.
Proses penumbuhan probiotik  berdasarkan meliputi :
A. Probiotika pengurai pupuk organik sebelum dimasukkan ke tambak
Diperlukan buat menumbuhkan fitoplankton secara cepat & stabil
Miminum hingga 7 hari, komposisi pupuk & probiotika yg diberikan adalah
Sbb :
• Dedak sebagai asal karbohidrat, selulosa & silikat
• Gula/tetes tebu menjadi asal CO2
• Protein tepung ikan/Urea/Pakan BS sebagai sumber nitrogen &
Karbon (C) menjadi penyusun protein sel probiotika
• Bakteri biakan (Baccillus atau Nitrobacter atau Nitrosomonas)
• Aerasi/ pengadukan semoga proses berlangsung secara aerobik
B. Probiotika pengurai limbah organik di pada tambak
• Bakteri fotosintetik basil Chtinioclastic, Lipolitic, Cellullolityc,
Proteolitic bacteria.
• Molase menjadi sumber Karbon
• Tepung ikan sebagai sumber protein
• Zeolite sebagai pemberat & pori-pori penyerap bakteri
• Pengadukan tanpa aerasi alasannya basil aerobik fakultatif
C. Probiotika yg membantu pencernaan pakan protesis di pada badan udang
• Bakteri Lactobaccillus
• Gula & air menjadi medium pertumbuhan
• Tepung ikan sebagai asal protein
• Kanji menjadi medium pengikat untuk dilapisi di pakan (pelet)

Manfaat penggunaan probitotik dalam budidaya perairan dari Moriarty et al 2005 ialah :
1.    Kualitas air dan dasar kolam diperbaiki sehingga akan meminimalkan stress dalam udang & akan menaikkan kesehatannya
Dua.    Membersihkan air buangan berdasarkan kolam sehingga dampak bagi lingkungan rendah
3.    Bakteri yang merugikan dan virus sanggup terkontrol dan seluruh mikroorganisme di dalam ekosistem perairan bisa diatur
4.    Meningkatkan sistem kekebalan dalam udang
Lima.    Memperbaiki jalan masuk pencernaan sebagai hasilnya berdampak menekan terjadinya penyakit yg diakibatkan sang asimilasi kuliner
6.    Tidak perlu digunakannya antibiotik. Sehingga akan menghentikan terjadinya kekebalan basil yg merugikan

Pemilihan produk  probiotik yang dijual dipasaran  buat budidaya perairan haruslah sinkron dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP. 02/MEN/2007 Tentang Cara Budidaya Ikan yg Baik, dimana harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
A. Mempunyai nomor  registrasi yang dikeluarkan sang Direktur Jenderal;
B. Sesuai memakai ketentuan dan petunjuk dalam etiket dan brosur;
C. Etiket wajib  menggunakan Bahasa Indonesia;
D. Nir mengalami perubahan fisik (tekstur, rona, dan bau);
E. Bungkus, wadah, atau pembungkusnya tidak rusak;
F. Sesuai memakai peruntukkannya;
G. Nir kadaluarsa;
Lantaran itu dalam pembelian produk probiotik yg beredar haruslah ditinjau secara cermat apakah produk tersebut sudah diberi ijin sang Kementerian Kelautan & Perikanan atau belum. Produk Probiotik yg resmi bagi budidaya ikan sebelum dipasarkan buat masyarakat generik haruslah telah didaftarkan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kalau sudah terdaftar resmi pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, kemudian Kementerian Kelautan & Perikanan akan mengeluarkan daftar probiotik yg sudah terdaftar. Karena itu jikalau masih ragu apakah probiotik yang kita beli itu sudah terdaftar atau belum pada kementerian kelautan dan perikanan, kita sanggup menghubungi instansi yang berwenang pada daerah. Dalam hal ini kita bisa menghubungi dinas kelautan & perikanan yg mempunyai daftar produk probiotik yg telah berijin. Penggunaan Probiotik harus juga diperhitungkan secara cermat dan digunakan sesuai dengan yg dianjurkan dalam kemasannya. Kekeliruan pada penggunaan probiotik tidak akan memberi manfaat bagi pembudidaya perairan dan hanya akan menambah porto pengeluaran.
Selain itu wajib  jua diingat bahwa penggunaan probiotik hanyalah salah  satu faktor pada keberhasilan budidaya. Faktor lain contohnya pemilihan benih yang mengagumkan, pengelolaan air yg sahih serta pemakain & penggunaan pakan yang sempurna jua wajib  menerima perhatian yg akurat. Lantaran mengabaikan faktor-faktor ini akan membuat pemakain probiotik tidak akan ada keuntungannya & hanya membuang-buang uang saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Probiotik Dalam Budidaya Perairan"

Post a Comment